Selasa, 25 Januari 2011

Peran, Sejarah, Dan Arah Akuntansi Manajemen


Sistem Informasi Akuntansi Manajemen
Sistem informasi akuntansi manajemen adalah sistem informasi yang menghasilkan keluaran(output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu manajemen.sistem akuntansi manajemen mempunyai tiga tujuan umum,yaitu:
1.      menyediakan informasi yang dipergunakan dalam penghitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang di inginkan manajemen.
2.      menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevalusian, dan perbaikan berkelanjutan.
3.      menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
Informasi akuntansi manajemen dipergunakan disemua organisasi baik manufaktur, dagang, dan jasa.
Model operasional sistem informasi akuntansi manajemen
                                                Pengumpulan                                laporan khusus
                                                 Pengukuran                              harga pokok produk
                                             Penyimpanan                               biaya pelanggan
      Analisis                                   anggaran
    Pelaporan                              laporan kinerja
             Economics events                      pengelolaan                         komunikasi personal
Oval: penggunaRounded Rectangle: masukanRounded Rectangle: keluaranRounded Rectangle: proses                       





Proses Manajemen (Management Process)
            Proses manajemen didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas:
  1. perencanaan yaitu aktivitas manajemen yang berupa formulasi terinci dari kegiatan untuk mencapai satu tujuan akhir tertentu.
  2. pengendalian yaitu aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan.dan biasanya menggunakan suatu umpan balik,umpan balik adalah informasi yang dapat digunakan untuk mengevaluasi atau memperbaiki langkah-langkah yang dilakukan dalam mengimplementasikan suatu rencana.
  3. pengambilan keputusan yaitu proses pemilihan diantara berbagai alternatif.
Akuntansi Manajemen Dan Akuntansi Keuangan
            Sistem informasi akuntansi pada suatu organisasi memiliki dua sub sistem utama:sistem akuntansi manajemen dan sistem akuntansi keuangan.sistem akuntansi manajemen adalah ilmu yang berkenaan dengan penggunaan informasi akuntansi oleh para manajemen dan pihakpihak internal lainnya untuk keperluan penghitungan biaya produk, perencanaan, pengendalian, dan evaluasi, serta pengambilan keputusan. sedangkan akuntansi keuangan adalah bagian dari akuntansi yang berkaitan dengan penyiapan laporan keuangan untuk pihak luar seperti pemegang saham, kreditur, pemasok, serta pemerintah.
Tema Baru Dalam Akuntansi Manajemen
Manajemen Berdasarkan Aktivitas.
Manajemen berdasarkan aktivitas adalah suatu pendekatan diseluruh sistem dan integrasi yang menfokuskan perhatian manajemen pada berbagai aktivitas dengan tujuan meningkatkan nilai untuk pelanggan(custumer value) dan laba sebagai hasilnya.tujuannya adalah untuk menemukan cara melakukan aktivitas yang diperlukan secara lebih efisien, dan untuk menghapus aktivitas yang tidak memberikan nilai bagi pelanggan.
Orientasi Pada Pelanggan
            Nilai bagi pelanggan adalah fokus utama karena perusahaan dapat menciptakan keunggulan kompetitif dengan menciptakan nilai bagi pelanggan yang lebih baik dengan biaya yang sama atau lebih rendah dari pesaing atau menciptakan nilai yang sama dengan biaya lebih rendah dari pesaing.nilai bagi pelanggan adalah selisi apa yang pelanggan terima(realisasi untuk pelanggan) dengan apa yang pelanggan serahkan (hal yang dikorbankan oleh pelanggan).apa yang diterima pelanggan disebut produk total.produk total adalah seluruh manfaat baik berwujud(tangible) maupuntidak berwujud(intangible).
Bisnis Secara Elektronik
            Bisnis secara elektronik adalah semua transaksi bisnis atau pertukaran informasi yang dijalankan dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.perdagangan secara elektronik adalah jual beli produk dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.
Peranan Akuntansi Manajemen
Peran akuntansi manajemen dalam suatu organisasi merupakan salah satu peran pendukung. Mereka membantu orang-orang yang bertanggungjawab melaksanakan tujuan dasar organisasi. Ada posisi yang bertanggung jawab langsung disebut posisi lini sedangkan posisi yang tidak langsung bertanggung jawab dalam suatu perusahaan disebut posisi staf.
Controller sering dipandang sebagai anggota dari tim manajemen puncak dan diikutsertakan dalam perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan. Sebagai kepala bagian akuntansi,controller bertanggung jawab terhadap kebutuhan akuntansi baik secara internal maupun eksternal.
Bendahara bertanggung jawab terhadap fungsi keuangan.tepatnya, bendahara mencari dana dan mengelola kas serta investasi, bendahara juga dapat bertannggung jawab atas pemberian kredit dan penagihan serta akuntansi.
Akuntansi Manajemen Dan Perilaku Etis
Perilaku Etis
            perilaku etis melibatkan pemilihan tindakan yang benar, sesuai, serta adil.jams w. brackner, penulis ethics column dalam management accounting, melakukan observasi ini:
Agar pendidikan etika dan moral mempunyai arti, harus ada kesepakatan mengenai nilai-nilai yang dianggap” benar”.sepuluh dari nilai ini diidentifikasikan dan dijelaskan oleh michael josephson dalam teaching ethical decision making and principple reasoning.studi terhadap sejarah, filsafat dan agama melahirkan suatu konsensus yang kuat mengenai nilai-nilai tertentu yang bersifat universal dan abadi bagi kehidupan yang beretika.
Sepuluh nilai inti ini menghasilkan prinsip-prinsip yang melukiskan benar dan salah dalam istilah umum.dengan demikian, nilai tersebut menyediakan petunjuk tingkah laku...........
Sepuluh nilai inti yang dimaksudkan dalam kutipan diatas adalah sebagai berikut:

  1. kejujuran
  2. integritas
  3. pemenuhan janji
  4. kesetiaan
  5. keadilan
  6. kepedulian terhadap sesama
  7. penghargaan kepada orang lain
  8. kewarganegaraan yang bertanggung jawab
  9. pencapaian kesempurnaan
  10. akuntabilitas
Standart Perilaku Etis Untuk Akuntansi Manajemen
            Organisasi pada umumnya menetapkan standart perilaku untuk para manajer dan pekerjanya.asosiasi-asosiasi profesional juga menetpkan standart etika. Standart perilaku etis untuk akuntansi manajemen.

              I.      Kompetensi
Akuntan manajemen bertanggung jawab untuk:
1.      menjaga tingkat kompetensi profesional yang diperlukan dengan terus menerus mengembangkan pengetahuan dan keahliannya
2.      melakukan kewajiban profesionalnya sesuai dengan hukum , peraturan, dan standart teknik yang berlaku
3.      menyusun laporan dan rekomendasi lengkap serta jelas seytelah melakukan analisis yang memadai terhadap informasi yang relevan dan handal
           II.      Kerahasiaan
1.      menahan diri untuk tidak mengungkapkan tanpa izin informasi rahasia yang diperoleh dari tempat kerjanya kecuali diharuskan secara hukum
2.      memberitahu bawahan seperlunya kerahasiaan dari informasi yang diperoleh dari tempat kerjanya, dan memonitor aktivitas mereka untuk menjaga kerahasiaan tersebut
3.      menahan diri untuk menggunakan atau tampak menggunakan informasi rahasia yang diperoleh dari tempat kerjanya untuk tujuan yang tidak etis dan tidak sah baik secara pribadi maupun melalui pihak ketiga
         III.      Integritas
1.      menghindari konflik kepentingan yang aktual atau terlihat nyata dan mengingatkan semua pihak tekait mengenai adanya potensi konflik
2.      menahan diri dari keterlibatan berbagai aktivitas yang akan menimbulkan kecurigaan terhadap kemampuan mereka untuk melakukan tugasnya secara etis
3.      menolak pemberian, penghargaan, dan keramahtamahan dapat mempengaruhi mereka dalam bertugas
4.      menahan diri untuk tidak melakukan pengikisan terhadap legitimasi organisasi dan tujuan-tujuan etis baik secara pasif maupun aktif
5.      mengenali dan mengkomunikasikan berbagai keterbatasan profesional atau kendala lainnya yang akan menghalangi munculnya penilaian yang bertanggung jawab atau keberhasilan dalam mengerjakan suatu aktifitas

        IV.      Objektivitas
1.      mengkomunikasikan informasi secara adil dan objektif
2.      mengungkapkan semua informasi relefan yang diperkirakan dapat mempengaruhi pemahaman pengguna terhadap laboran, komentar, dan rekomendasi yang disajikan
Sertifikasi
            Ada banyak sertifikasi yang tersedia bagi akuntansi manajemen, diantaranya:Certificate In Management Accounting ( CMA ), Certificate In Publics Accounting ( CPA ), Certificate In Internal Auditing ( CIA ) yang setiap sertifikasi menawarkan keunggulan yang berbeda bagi akuntan manajemen.
Certificate In Management Accounting ( CMA )
            Salah satu kunci dari persaratan untuk mendapatkan CMA adalah lulus ujian kualifikasi.ujian tersebut menekankan pada empat bidang, yaitu:(1) ekonomi, keuangan, dan manajemen;(2) akuntansi keuangan dan pelaporan;(3) laporan, analisis dan masalah perilaku manajemen;dan (4) analisis keputusan dan system informasi.salah satu tujuan utama CMA adalah membuat akuntansi manajemen menjadi disiplin ilmu ynag diakui , dan professional, serta terpisah dari prfesi akuntan public.
Certificate In Publics Accounting ( CPA )
CPA adalah sertifikasi yang paling tua dan paling dikenal dalam akuntansi. Tujuan CPA adalah untuk menyediakan kualifikasi minimal professional bagi auditor eksternal. Jika CMA ingin memisahkan dari akuntan public maka dalam CPA akuntan publiclah yang hanya boleh masuk dalam bidang ini.
Certificate In Internal Auditing ( CIA )
            CIA ini  munculnya sama dengan CMA. Seorang pemegang CIA berarti telah lupus ujian komprehensif yang dirancang untuk menjamin kemampuan teknis, dan telah memiliki dua tahun pengalaman kerja.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar